harga cabe meroket

Kitabsolo-Harga cabe rawit di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, menembus Rp 52.000/kg, sejak tiga hari terakhir. Meroketnya harga cabe rawit ini dipicu terbatasnya barang di pasaaran. Harga minyak goteng curah juga naik hingga Rp 18.000/kg


Menjelang natal dan Tahun baru, sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat mulai merangkak naik, Menurut Ny Ning, salah satu pedagang di Pasar Gede Solo, untuk cabai merah besar, saat ini harganya mencapai Rp 32.000 per kilogram, naik dari sebelumnya sebesar Rp 14.000 per kilogram. Sedangkan untuk cabai rawit, saat ini mencapai Rp 52.000 per kilogram, naik 100 persen dari sebelumnya yang hanya sebesar Rp 25.000 per kilogram. "Untuk cabai merah keriting, saat ini dijual Rp 40.000 per kilogram. Padahal sebelumnya hanya Rp 20.000 per kilogram," tuturnya.

Lonjakan harga cabai saat ini dipicu dengan menurunnya pasokan dari sentra pertanian karena sejumlah wilayah penghasil cabai mengalami musibah banjir. termasuk kabupaten Boyolali, yang gagal panen karena dampak letusan Gunung Merapi. Kenaikan harga cabai di beberapa kota besar di Pulau Jawa terjadi secara bertahap sejak dua pekan yang lalu. "Minggu lalu sudah naik dari harga normal, saat ini naik lagi bahkan lebih tinggi. Mungkin daerah seperti Sragen dan Ngawi saat ini masih banjir sehingga panen cabai juga berkurang," ujar Ning.

Comments

Popular posts from this blog

Tukang Pijat Bunuh Kopassus karena Kesal

Pelajar Sragen pesta seks digrebeg warga

Sat-81 Gultor siap buru Noordin M