manohara terima gelar keraton solo

Solo (Espos)--Model yang juga artis sinetron, Manohara Odelia Pinot bakal menerima gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung (KMAT) dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Gelar KMAT untuk Manohara tersebut rencananya dianugerahkan bersama dengan lebih dari 75 penerima gelar lain dalam sebuah upacara di Bangsal Sidikoro, kompleks Keraton, Jumat (17/7).

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Surakarta, KRA Winarno Kusumo, saat dihubungi Espos, Rabu (15/7) malam, mengatakan pemberian gelar bagi sejumlah kalangan itu merupakan agenda yang selalu dilakukan setiap tahun, bertepatan dengan jumenengan Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi. Untuk tahun ini, Winarno menyebut ada 400-an orang yang menerima gelar, termasuk Manohara.



“Acara pemberian gelar, dilaksanakan dua kali. Untuk Kamis (16/7) gelar diberikan bagi para abdi dalem di Bangsal Smarakatha. Sedangkan untuk 75-100 penerima gelar yang secara tingkatan lebih tinggi, umumnya berasal dari kalangan kerabat dan tokoh-tokoh penting, termasuk Manohara, gelar tersebut akan diserahkan hari Jumat, di Bangsal Sidikoro,” papar KRA Winarno Kusumo.

Winarno menambahkan, selain Manohara, sejumlah tokoh lain dari Jakarta dan Malaysia juga akan hadir dalam penyerahan gelar tersebut. Para tokoh itu menerima gelar dari Keraton atas partisipasi di bidang yang digeluti masing-masing.



Sementara itu masih dalam rangkaian Jumenengan Dalem PB XIII Hangabehi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerja sama dengan Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu-Minggu (18-19/7), akan menggelar Festival Keraton Surakarta 2009 di Sitihinggil Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dimulai dengan upacara agung Tingalan Jumenengan Dalem Dinasti Mataram SISKS PB XIII pada Sabtu pukul 10.00 WIB sebagai acara inti, festival dilanjutkan malam harinya dengan konser karawitan, Bedaya Sukoharjo yang merupakan peninggalan PB IX, dan peragaan busana adat.(tsa)


Comments

Popular posts from this blog

Pelajar Sragen pesta seks digrebeg warga

Tukang Pijat Bunuh Kopassus karena Kesal

Sat-81 Gultor siap buru Noordin M