Solo International Performing Arts (SIPA)

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menggelar kegiatan seni-budaya melalui penyelenggaraan Solo International Performing Arts (SIPA) 2009 yang menampilkan lebih dari 20 kelompok seni dari lokal dan luar negeri.

Ketua Panitia SIPA 2009 Irawati Kusumoasri mengungkapkan sebanyak enam penyaji dari luar negeri akan turut meramaikan event yang dihelat di Pamedan Puri Mangkunegaran Solo pada 7-10 Agustus 2009.

“Peserta dari luar negeri yang sudah memastikan hadir diantaranya dari China , Denmark , Filipina , Venezuela , Korea dan Jepang. Mereka akan menampilkan kekayaan seninya, baik musik maupun tari,” ujarnya, kemarin.

Menurut dia saat ini panitia terus melakukan komunikasi guna meyakinkan satu peserta dari Singapura yang sempat ingin membatalkan keikutsertaan dalam acara tersebut pascaledakan bom di Jakarta .

“Awalnya mereka sudah confirm, tetapi pascaledakan itu sempat berniat membatalkan. Kita terus melakukan komunikasi untuk meyakinkan keikutsertaannya,” tuturnya.

Selain diikuti seniman lokal, lanjut dia kegiatan yang pertama kali digelar di Solo tersebut mengundang pula beberapa penyaji kesenian dari Surabaya , Sumatera Barat, Yogyakarta dan Jakarta .

Walikota Solo Joko Widodo mengaku penyelenggaraan SIPA 2009 merupakan salah satu strategi mendorong kota budaya itu sebagai salah satu magnet kota pertunjukan di Indonesia .

Dia menuturkan untuk menjadikan Solo sebagai kota tujuan wisata, pihaknya terus merancang festival seni pertunjukan yang memungkinkan untuk digelar setiap bulan di kota itu.

“Saat ini sudah ada sekitar empat event yang sudah masuk agenda wisata, kita masih butuh banyak lagi untuk menggenapkan hingga 12 event. Agar setiap bulan Solo memiliki kegiatan seni dan budaya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengharapkan peran serta kalangan swasta dalam mendukung agenda kesenian di kota bengawan itu.

Salah satunya, katanya melalui pembangunan fasilitas seni pertunjukan yang lebih memadai seperti convention hall.

“Selain bias dijadikan untuk menggelar kegiatan pertunjukan, convention hall dapat pula untuk menyelenggarakan kegiatan konferensi,” paparnya.

Pemkot Solo tengah merancang pembangunan convention hall untuk membidik bisnis Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE).

Comments

Popular posts from this blog

Tukang Pijat Bunuh Kopassus karena Kesal

Pelajar Sragen pesta seks digrebeg warga

Sat-81 Gultor siap buru Noordin M