Obama Bentuk Unit Khusus untuk Interogasi Teroris

Presiden AS Barack Obama menyetujui pembentukan unit khusus yang bertugas menginterogasi tersangka terorisme. Kebijakan ini bagian dari upaya Obama mengganti kebijakan interogasi dan penahanan teroris era pemerintahan George W Bush.

Seperti dilaporkan Washington Post yang dikutip dari news.com.au, Senin (24/8/2009), unit itu bernama High-Value Detainee Interrogation Group. Pembentukan unit interogasi ini telah disetujui Obama pekan lalu.

Pejabat senior White House yang enggan disebutkan namanya mengatakan, unit ini berada langsung di bawah kendali White House dan terdiri dari beberapa ahli, intelijen dan aparat penegak hukum.

Unit ini akan berkantor di kantor FBI dan dipimpin oleh pejabat senior biro penyelidik federal itu. Bekerjanya unit ini akan diawasi langsung oleh Dewan Keamanan Nasional, yang berarti memindahkan kewenangan dari CIA dan memberikan kewenangan bagi White House untuk mengawasi langsung proses interogasi dan penahanan tahanan terorisme.

Selain kebijakan interogasi, pembentukan unit interogasi ini juga merubah kebijakan AS tentang pemindahan tahanan terorisme.

Penanganan tersangka teroris di AS memang menuai kecaman banyak pihak. Sejumlah laporan merilis tentang penyiksaan dan cara-cara interogasi tahanan yang keji.


Obama memang pernah berjanji akan merubah kebijakan AS dalam menangani terorisme, terutama soal interogasi dan penahanan tahanan yang kerap disertai penyiksaan kepada tahanan. Dalam suatu kampanyenya, Obama berjanji untuk segera mengubah kebijakan itu jika ia terpilih menjadi Presiden. Dia juga mengatakan akan menutup kamp tahanan teroris di Guantanamo, Kuba, tahun depan.

sumber : www.detik.com

Comments

Popular posts from this blog

Siswi SMA jadi korban perkosaan hingga hamil

komunitas pehobi airsoft gun

Mantan Brimob jual senjata divonis 10 tahun