komunitas pehobi airsoft gun


Melongok komunitas pehobi airsoft gun di Solo


Salah satu kegiatan yang merupakan gaya hidup life style yang mulai digandrungi di Kota Solo dan sekitarnya adalah bermain airsoft gun (skirmish).di Kota Bengawan pun mulai bermunculan komunitas yang mewadahi para penggemar perangkat yang merupakan replika senapan militer ini.

Salah satunya adalah tim Detasemen 86 Amplop Sakti atau biasa disebut “Den-86”. Kelompok ini merupakan Detasemen Teraneh di Dunia, Anggota cuman 2. Angka 8 dan 6. Angka 8 dikurangi 6 jadinya 2 juga.Ketemunya juga 2.Kalau Skrimish juga cuman 2.

Menurut Koordinator Detasemen 86, Priyono, permainan airsoft gun menjadi salah kegiatan yang cukup digandrungi kaum adam, namun tidak sedikit juga kaum hawa yang ikut bergabung. Permainan ini membutuhkan kerja sama tim dan tentunya kekuatan fisik yang prima karena menuntut penguasaan medan .

Seperti layaknya sebuah peperangan nyata, komunitas airsoft gun juga memiliki sejumlah skenario dan taktik. Dalam airsoft gun juga dikenal berbagai jenis simulasi pertempuran, mulai pertempuran jarak dekat (PJD)/close quarters battle (CQB), pertempuran hutan rimba, pembebasan sandera, perebutan bendera, total eliminasi hingga tembak reaksi. Taktik pertempuran juga dibuat senyata mungkin, tak ketinggalan kelengkapan (gear) airsofter.


Ditambahkan Priyono, ada sejumlah perlengkapan standar yang harus dimiliki airsofter. Di antaranya adalah kacamata pelindung goggles, pelindung kepala, dan sepatu lapangan. Sedangkan peranti tambahan, seperti seragam, penutup kepala (balaclava), sarung tangan, protector, rompi adalah kelengkapan optional masing-masing airsofter. Khusus urusan seragam, airsofter menggunakan motif loreng atau bergaya army look. Biasanya motif American woodland dan dot matrix menjadi pilihan favorit airsofter.


Namun, ada larangan keras untuk mengenakan seragam yang biasa dipakai personil TNI/Polri.

Untuk bisa menikmati hobi ini tentunya harus memiliki replika airsoft gun. Sebagai gambaran replika laras panjang bertenaga pegas (spring) ACM dilepas dengan harga Rp 100.000-Rp 250.000. Sedangkan untuk replika laras panjang bertenaga baterai airsoft electric gun (AEG) bisa didapat dengan harga Rp 500.000-Rp 1,4 juta. Sedangkan replika handgun jauh lebih terjangkau yakni kisaran Rp 50.000 (spring) dan Rp 400.000 untuk jenis elektrik. Di luar itu, sebenarnya ada replika jenis gas blow back (GBB). Namun khusus GBB minim peminat karena harga gas pemompa cukup mahal dan sulit didapat.
Namanya juga replika tak heran bentuk standar airsoft menyerupai asli. Beberapa jenis replika yang jadi favorit adalah jenis M16A2, M14, M4A1, AK74, AK47. Replika sub machine gun (SMG) MP5, HK416, shotgun Remington 870, M3 Benelli. Mossberg 500 hingga jenis sniper Steyr SSG serta handgun Beretta M92, Glock17, Glock18, Glock26 pun tak luput dari incaran airsofter.
Replika-replika ini menggunakan peluru ball bearing (BB) kaliber 6 mm. Sedangkan beratnya dibagi menjadi tiga besar yakni 0,12 gram, 0,2 gram dan 0,25 gram. BB 0,12 gram biasa digunakan untuk tipe low power, sedang kedua terakhir biasanya untuk spring dan AEG. Seperti peluru sungguhan, pemilihan kualitas BB juga berpengaruh pada tingkat akurasi replika saat digunakan untuk bermain.


Agar permainan lebih aman, selain kelengkapan keselamatan ada prosedur yang juga dianut para airsofter. Kecepatan tembakan replika dibatasi hingga 450 feet per second (fps). Standar kecepatan akan dipantau dengan menggunakan alat bantu chronometer. Untuk replika jenis serbu dihitung di bawah 350 fps, sedangkan replika penembak runduk (sniper) dibatasi 450 fps.


Selain Detasemen 86 Amplop Sakti, ada juga Spring Airsoft Gunner (SAG) Indonesia . Untuk wilayah Jateng atau disebut SAG Indonesia Region Jawa Tengah (Jateng) yang mewadahi sejumlah komunitas penggemar airsoft gun di Provinsi Jateng.

SAG Indonesia Region Jateng yang memiliki alamat Sekretariat, Perum Bambu Kuning Gang Mawar III No 4 Purbayan Baki, Sukoharjo ini berdiri sekitar satu tahun lalu. Menurut Koordinator SAG Indonesia Region Jateng, Sigit Purnomo M, yang mewadahi sejumlah komunitas penggemar airsoft gun saat ini beranggotakan lebih dari 50 airsoft gunner.

Berdirinya SAG Indonesia ini, lanjut dia, bermula ketika sejumlah komunitas penggemar airsoft gun sering melakukan skirmish bersama.

Comments

  1. Gmana cara gabung. gurrellia_fighter909@rocketmail.com
    08568046809

    ReplyDelete
  2. mas..gmn cara beli air soft gun tsb?dan cara gabung gmn?

    ReplyDelete
  3. untuk informasi bisa hubungi komandan DENSUS 86 Priyono di nomor 081578830445...

    ReplyDelete
  4. dimana letak tempat latyihan densus 86?

    ReplyDelete
  5. dimana tempat latihan airsoft gun nya?

    ReplyDelete
  6. kalau mau gabung bayar apa enggak?

    ReplyDelete
  7. untuk latihannya gak tentu, dimana ada temnpat yang sejuk dan banyak pohon pasti bisa, daftar tidak bayar, pas latihan paling patungan beli es. untuk info hubungi kadensus 86 priyono 081578830445

    ReplyDelete
  8. Aq pingin beli aeg Mp5 a4 or AK 47, tapi di mana ya tuk kwasan Jogja Solo ?

    ReplyDelete
  9. hahaahah...densus 86?....dtempat q namax densus 87 (87-nya ambil dri no togel)...kok ampir sama y...
    yg pnting sma2 asik........

    ReplyDelete
  10. q pgn gabung jg bos tp punyaku cuma spring gun bisa ga?

    ReplyDelete
  11. @Asianto: silahkan saja, bisa untuk informasi bisa hubungi komandan DENSUS 86 Priyono di nomor 081578830445. ato gabung di group facebook : Komunitas Airsoft Gun Solo

    ReplyDelete
  12. aku pengen join......tapi aku di jakarta ....kira2 di jakarta ada komunitas yg sama gak ya??

    ReplyDelete
  13. kalo di jakarta banyak banget..cuma ane gak terlalu paham..he..he..

    ReplyDelete
  14. mas main airsoft gun itu dimana?????? soalnya aku mau main airsoftgun.

    ReplyDelete
  15. mas dmn bli senjata air soft gun?trus gmn gbungnya?

    ReplyDelete
  16. @szuperboy91: untuk informasi bisa hubungi komandan DENSUS 86 Priyono di nomor 081578830445...

    ReplyDelete
  17. PENGEN GABUNG AMPLOP SAKTI.......ada kartu anggota nggak? kan keren kalo den 86 ada id cardnya? he he he sumbang saran boleh kan?.....

    ReplyDelete
  18. ada sekenan air soft gun gak ....nich cari di solo sulit end mahal sekalian mau gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq jual ada 2 unit, mau pindah luar pulau, males bawanya ribet..., klo minat sms dl di 082220504257, thx

      Delete
  19. aku mau beli air soft gun seken yang murah ama skalian gabung bisa gak mas coz di solo ini air soft gun sekennya mahal

    ReplyDelete
  20. aku cari air soft seken yang murah ama sekalian gabung bisa gak mas

    ReplyDelete
  21. mas yang jenis MP5 tpi harganya 1 jtan ada gag mas klo ada bilang ya mas....pengen punya yng elektrik...

    ReplyDelete
  22. mas punya gan jenis MP5 yng harganya 1 jutan...klo ada bilang ya mass..pengen punya yng elektrik.

    ReplyDelete
  23. Halo para Airsofter, saya mau memberitaukan bahwa sekarang sudah di buka forum offical untuk para Airsofter di Indonesia, tempat berkumpul para Airsofter Indonesia, Forum kami baru saja launching tanggal 28 Maret 2014, yang tertarik bisa gabung di

    http://Indonesia-Airsoft.com

    Karena baru saja launching forum kami masih terlihat sepi, ayo ramaikan!

    Salam Airsofter Indonesia!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Siswi SMA jadi korban perkosaan hingga hamil

Mantan Brimob jual senjata divonis 10 tahun