Komnas HAM beri imbauan soal kasus film Lastri



Solo (Espos) Film garapan Eros Djarot, Lastri yang telah dihentikan proses produksinya, menemui babak baru. Pasalnya, Komnas HAM telah mengirimkan imbauan untuk memberikan perlindungan terhadap kelancaran pembuatan film tersebut.

Koordinasi Aliansi Kebebasan Berekspresi Surakarta (AKBS), Kelik Ismunandar mengungkapkan, permintaan AKBS agar Komnas HAM turut memperhatikan persoalan itu memperoleh respons positif. Belum lama ini, Jumat (20/2), surat nomor 333/K/PMT/I/2000 berisi imbauan untuk memberikan perlindungan kepada penggarapan film yang dibintangi Marcella Zalianty tersebut telah diterimanya.
”Intinya, Komnas HAM meminta agar tidak ada pihak yang membiarkan adanya sekelompok warga menghalang-halangi kebebasan berekspresi. Selain itu, polisi juga diminta berperan dalam hal ini. Bukan membiarkan begitu saja saat terjadi pertentangan,” jelas Kelik ketika dihubungi Espos, Minggu (22/2).

Kelik menilai, tindakan penentangan dari sekelompok orang itu telah memasung kebebasan dalam menuangkan karya seni. Untuk itu, dia mendukung penuh imbauan Komnas HAM tersebut. Agar, jika kejadian serupa di kemudian hari terulang kembali, sudah ada solusi pasti.
AKBS juga menilai,lanjut dia, Polwil Surakarta kurang tegas dalam mengusut persoalan itu. - Oleh : m74

Comments

Popular posts from this blog

Siswi SMA jadi korban perkosaan hingga hamil

komunitas pehobi airsoft gun

Mantan Brimob jual senjata divonis 10 tahun